Terapi hipokondriasis

Pasien hipokondriasis hampir sama dengan pasien psikosomatis, keduanya sama-sama adanya gangguan dipsikis mereka, namun pada pasien hipokondriasis ini merasa sangat yakin mengalami suatu kesakitan yang dirasakan pasien hanya di satu titik misal nyeri di perut di satu titik saja, meski secara laborat foto ronsen dan foto yang lain menunjukan tidak didapatkan adanya ketidak normalan organ dengan kata lain sehat. namun pasien bisa merasakan keadaanya seperti sakit yang luar biasa,bahkan merasa sakitnya parah hingga mau meninggal, namun ketika dokter melihat hasil laborat yang normal maka dokter akan bilang kalau kondisinya baik-baik saja, dengan keyakinan pasien yang merasa sakit di tambah penjelasan dokter yang bilang tidak apa-apa mengakibatkan pasien merasa tidak puas, sehingga pasien seperiti ini juga tidak percaya dengan satu dokter hingga mengakibatkan datang ke beberapa dokter untuk membandingkanya, namun hasilnya tetap tidak memuaskan pasien.

Sangat wajar jika pasien akan berpindah-pindah dokter, karena kebanyakan dokter hanya memvonis normal ataupun sakit yang biasa-biasa. padahal pasien merasa sakit,maka tidak jarang pada pasien seperti ini akan menghabisakan banyak biaya, bahkan hingga puluhan juta, karena selain biaya berobat ke lebih dari satu dokter, pemeriksaan laborat juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit bahkan tidak jarang pada setiap dokter menyarankan untuk pemeriksaan laborat terbaru, akibatnya tidak jarang pada pasien yang kurang mampu telah menjual barang-barang untuk berobat dan mendapatkan kesembuhan. pada sakit seperti ini memang pada umumnya akan menguras banyak biaya untuk mendapatkan kesembuhan.

Pada kondisi seperti ini dukungan keluarga juga bisa berperan dalam penyembuhan pendekatan secara kemanusiaan bisa juga membantu pasien, karena pengobatan saja kurang maksimal dalam mengatasi pasien seperti ini,perlu adanya pemberihan pemahaman yang benar dengan pendekatan kemanusiaan, sehingga pemahamaan yang baru bisa diterima pasien sehingga secara perlahan akan mengatasi permasalahan psikologis pasien,

untuk itu dengan adanya penanganan psikomedis ini diharapkan akan membantu mengatasi permasalahan pada pasien-pasien seperti ini. silahkan hubungi kami.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *