cara mudah menurunkan berat badan

badan ideal tentu menjadi idaman banyak orang, bisa yang kurus ingin gemuk atau yang gemuk ingin kurus agar tercapai berat badan ideal. namun pada kesempatan kali ini saya akan membahan cara mudah untuk menurunkan berat badan.

akan saya kelompokan menjadi beberapa perinsip dasar yang bisa dilakukan dengan mudah dan nyaman.

  1. input sedikit output lebih banyak
  2. meminimalisir penimbunan lemak,
  3. menguraikan dan mengurangi simpanan lemak
  4. mengendalikan asam lambung.

pertama Input sedIkit  output lebih banyak  pada input sedikit  yaitu makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh dibatasi seminimal mungkin atau dengan memakan dan meminum yang rendah zat yang bikin gemuk. sedangkan pada uotput lebih banyak yaitu aktifitas di tingkatkan bisa itu kegiatan sehari-hari atau jalan kaki yang intinya membuat sel tubuh bekerja lebih banyak dari biasanya. misakan kalau pergi ke warung sebelah biasanya menyuruh orang atau pergi menggunakan motor, sekarang saatnya berubah ketika pergi kewarung maka jalan kaki saja, atau naik sepeda pancal sehingga anda bisa memaksimalkan kerja sel tubuh  anda sekalian menyehatkan badan. dan ada baiknya hindari bermalas-malasan tidur-tiduran yang justru dapat membuat aktifitas sel menurun dan menimbun menjadikan lemak tubuh meningkat.

kedua Menimalisir penimbunan lemak dengan katalain menghindari terjadinya proses anabolisme tubuh dengan cara sebagai berikut : ketika anda makan maka terjadi peningkatan glucosa atau gula didalam tubuh sehingga mengakibatkan kadar glucosa dalam darah banyak(meningkat), dan di ikuti kebutuhan pengambilan glucosa oleh sel menurun akibat dari sedikitnya aktifitas sehingga tubuh akan merespon penumpukan glucosa dengan mengubahnya menjadi cadangan energi berupa lemak, maka beberapa tips yang bisa saya sarankan untuk meminimalisrkan penimbunan lemak adalah                  Hindari makan sebelum tidur. sebisa mungkin anda makan disaat bangun tidur karena itu jauh lebih baik dibanding anda makan meski beberapa jam kemudian tidur. karena ketika anda tidur dalam keadaan tidak ada makanan yang diproses oleh tubuh, maka tubuh akan melakuan keseimbangan dengan memecah cadangan lemak tubuh untuk dijadikanya energi untuk proses tidur, tanpa disadari ketika tidur, sel dalam tubuh juga membutuhkan energi. dan jika sebaliknya anda makan sebelum tidur meski beberapa jam setelah makan anda tidur. maka akan mudah terjadi pembentukan lemak. makanan yang baru masuk ke lambung butuh beberapa jam untuk mengurainya menjadi glucosa yang dibutuhkan tubuh, belum lagi terjadi penyerapan yang bertahap sehingga kadar glucosa dalam tubuh akan tetap tinggi dalam beberapa jam setelah makan. memang kendala makan setelah tidur biasanya tidurnya tidak maksimal atau tidak bisa tidur, hal seperti ini bisa di latih dengan minum yang akan saya jelaskan dibawah, atau dengan memberikan sedikit makanan sebelum tidur dan memberikan banyak air minum sehingga akan cukup kenyang, sampai nantinya ketika mau tidur porsi makanan dikurangi secara bertahap dan porsi minum ditambahi secara bertahap hingga pada akhirnya  nanti anda akan bisa tidur dengan nyaman meski dalam kondisi lapar belum makan.

ketiga Menguraikan dan mengurangi simpanan lemak menguraikan simpanan lemak ini sama halnya dengan meningkatkan katabolisme lemak didalam tubuh, dimana lemak akan dipecah lagi diubah menjadi glucosa yang dibutuhkan sel tubuh, proses katabolisme ini bisa terjadi ketika sel memang dalam keadaan kekurangan glucosa atau butuh asupan energi namun didalam aliran darah tidak ada asupan energi. kondisi seperti ini bisa terjadi ketika anda belum makan namun terjadi peningkatan aktifitas sel tubuh misal dengan olaraga meski olaraga ringan, sedangkan mengurangi simpanan lemak itu dengan cara membuangnya dalam feses.
pada proses pencernaan, ketika ada makanan yang mengandung lemak masuk kedalam lambung dan usus, maka tubuh secara otomatis akan mengeluarkan cairan empedu, karena cairan empedu ini dibutuhkan untuk memproses lemak agar bisa diserap dalam tubuh, akan tetapi cairan empedu ini terbuat dari lemak tubuh yang sudah diproses, dengan katalain cairan empedu ini juga termasuk lemak yang sudah terproses. namun pada teori yang saya pahami, cairan empedu ini akan mudah terikat sama serat, sehingga ketika anda makan makanan yang mengandung lemak dan tinggi serat, tubuh akan mengeluarkan cairan empedu untuk menguraikan lemak dimakanan, akan tetapi karena adanya serat didalam makan tersebut, maka cairan empedu akan terikat oleh serat, sehingga lemak dalam makanan tidak bisa diproses dan akhirnya akan terbuang dalam feses bersama cairan empedu yang terikat oleh serat, akibatnya tubuh akan memecah cadangan lemak dalam tubuh untuk diubah menjadi cairan empedu yang terbuang dalam feses bersama serat, sehingga jika proses tersebut dilakukan rutin yaitu dengan makanan tinggi serat dan rendah lemak, maka cadangan lemak tubuh akan terus dipecah untuk mengubahnya menjadi cairan empedu.. sehingga lemak tubuh akan berkurang dengan sendirinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *